Jumat, 23 Desember 2022

CONTOH TEKS EKSPLANASI: MENGAPA AIR LAUT MENGALAMI PASANG SURUT?

    Jika kita pergi ke pantai, kadang kita jumpai air pantai meluber bagai air bah atau air bendungan yang penuh, kadang juga surut sampai terlihat permukaan dasar pantai sejauh beberapa meter dari bibir pantai. Karang dan rumput laut yang biasanya terendam air laut pun terlihat. Adakah kamu bertanya-tanya mengapa bisa demikian? 

    Pasang surut adalah perubahan gerak relatif benda langit yang mengakibatkan aksi gravitasi. Sedangkan pasang surut laut merupakan naik turunnya permukaan air laut. Gerakan air ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Mengutip laman kemendikbud.go.id, turun naiknya permukaan air laut karena pengaruh gravitasi dari bulan dan matahari. Bila permukaan air laut naik disebut pasang naik dan sebaliknya bila terjadi penurunan disebut pasang surut.

  Gaya gravitasi bulan lebih dominan pengaruhnya dibandingkan gaya gravitasi matahari terhadap terjadinya pasang air laut. Sebab, posisi bulan lebih dekat ke bumi dibandingkan jarak bumi ke matahari. Pasang besar akan terjadi bila tempat-tempat di bumi mengalami bulan mati dan bulan purnama. Selain itu rentang pasang surut juga bergantung pada bentuk perairan dan konfigurasi lantai samudera. Dikutip dari National Ocean Service, gelombang pasang saat bulan purnama dapat terjadi ketika posisi bulan, bumi, dan matahari sejajar dalam satu garis lurus. Ketika bulan purnama, bulan, bumi, dan matahari berada dalam satu garis lurus. Karena itu, bulan purnama bisa menyebabkan terjadinya gelombang pasang yang tinggi. Gelombang pasang hanya terjadi di beberapa belahan samudra yang posisinya berhadapan langsung dengan bulan.

  Strawberry supermoon merupakan kombinasi antara bulan purnama dan posisi terdekat bulan ke bumi mempengaruhi pasang surut air laut. Hal ini karena posisi bulan sangat dekat dengan bumi ketika terjadi strawberry supermoon sehingga tarikan gravitasi bulan menjadi jauh lebih kuat. Dilansir dari BirminghamLive, tarikan gravitasi bulan ketika terjadi strawberry supermoon bisa 30-50 persen lebih kuat daripada biasanya. Mengapa disebut Strawberry supermoon? Supermoon atau superbulan adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Secara spesifik, superbulan bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan Bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya dengan Bumi. Pada saat fenomena supermoon terjadi, bulan terlihat lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer. Masih mengutip dari sumber yang sama, Strawberry Supermoon pada dasarnya tampak merah. Namun bukan itu alasan mengapa fenomena tersebut dinamakan Strawberry Supermoon. Sebutan Strawberry Supermoon ini sebenarnya berkaitan dengan waktu dalam satu tahun, saat buah beri matang. Sederhananya, fenomena bulan purnama ini menandakan waktu bahwa buah beri matang. Unik juga ya?

   Jadi, air laut mengalami pasang surut dikarenakan pengaruh gravitasi dari bulan dan matahari. Bila permukaan air laut naik disebut pasang naik dan sebaliknya bila terjadi penurunan disebut pasang surut. Akan tetapi, gaya gravitasi bulan lebih berpengaruh sebab posisi bulan lebih dekat dengan bumi dibanding matahari. Terlebih lagi saat terjadi strawberry supermoon, maka tarikan gravitasi bulan lebih kuat hingga 30-50 persen dari biasanya. Kini kita tahu ternyata Allah menciptakan alam semesta saling berhubungan satu sama lain dan menciptakan sistem keseimbangan yang luar biasa. Bayangkan jika posisi bulan tetap di tempat tidak melakukan revolusi terhadap bumi, otomatis hanya bagian bumi tertentu saja yang akan merasakan air pasang dan air surut. Padahal, pasang surut bisa dimanfaatkan oleh nelayan dalam menentukan kapan harus berlayar dan bersandar. Saat terjadi pasang naik, kapal bisa pergi dan berlabuh. Sementara saat surut, kapal bisa bersandar. Pasang surut air laut juga bermanfaat sebagai salah satu sumber energi listrik, kegiatan transportasi perairan, membantu pembuatan garam, dan olahraga air seperti surfing

Cobalah simak video berikut untuk menambah pemahamanmu tentang pasang surut air laut.





Sumber:

0 comments:

Posting Komentar