Selasa, 27 Desember 2022

MATERI TEKS ULASAN: Pengertian, Contoh, Ciri, Tujuan, dan Strukturnya

    Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita sering tanpa sadar diminta mengulas sesuatu. Misalnya setelah menonton film kita ditanya oleh teman kita apakah filmnya bagus atau tidak. Tentu kita tidak hanya menjawab dengan satu kata "bagus" saja, kan? Kita akan diminta lagi untuk menjelaskan di mana bagusnya, dan sebagainya. Nah, berangkat dari pengalaman sehari-hari itulah kita membutuhkan keterampilan mengulas sesuatu.

1. Pengertian Teks Ulasan

    Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Teks ulasan disebut juga dengan resensi. Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

2. Tujuan Teks Ulasan

    Teks ulasan memiliki beberapa tujuan, yaitu: 1Menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi terhadap suatu karya, 2. Memberikan informasi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya, 3. Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya, 4. Memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi, 5. Mengetahui perbandingan karya tersebut dengan karya lain yang sejenis, 6. Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya, 7. Mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat dalam suatu karya, 8. Memberikan pertimbangan apakah suatu karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak9. Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa. 10. Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati suatu karya.

3. Ciri atau karakteristik Teks Ulasan

    Teks ulasan atau resensi memiliki ciri-ciri antara lain: 1.strukturnya terdiri atas orientasi, 2. tafsiran, evaluasi dan rangkuman. 3. Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk. 4. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan 5. Memiliki nama lain yaitu resensi.

4. Struktur teks ulasan

   Selain memiliki ciri khusus, teks ulasan pun memiliki struktur teksnya sendiri. Adapun struktur teks ulasan dalam Bahasa Indonesia meliputi identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi. 



Orientasi 

    Orientasi merupakan bagian pertama yang menjelaskan tentang gambaran umum sebuah karya baik film, drama maupun sebuah buku yang akan diulas. Bagian orientasi memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai apa yang akan diulas.

Sinopsis

    Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya yang diulas.

Analisis 

    Analisis berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita seperti tema, penokohan, dan alur.

Evaluasi

    Merupakan bagian yang berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Evaluasi dilakukan setelah pengulas melakukan tafsiran secara cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian evaluasi ini pengulas akan\ menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya tersebut. Ataupun bagian yang kurang bernilai atau kekurangan dari karya tersebut.

Rekomendasi

    Merupakan bagian yang berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut berkualitas atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

0 comments:

Posting Komentar