Rabu, 18 Januari 2023

Membuat dan Mengelola Grup Telegram

    Salah satu media sosial yang kelebihannya sangat berguna adalah Telegram. Telegram adalah aplikasi dengan layanan pengiriman pesan instan multiplatform berbasis Cloud yang sifatnya gratis dan nirlaba. Telegram merupakan salah satu dari sekian banyak media sosial yang ada. Akan tetapi, kebanyakan orang lebih akrab dengan Whatsapp daripada Telegram. Padahal menurut penulis Telegram lebih banyak fitur dibandingkan aplikasi chat lainnya. 


Kelebihan Telegram
  • Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis karena tidak pernah ada iklan atau biaya untuk selamanya.
  • Telegram mengirim pesan lebih cepat karna berbasis cloud.
  • Telegram lebih ringan saat dijalankan karena ukuran aplikasinya lebih kecil. Telegram versi v3.31 untuk Android yang dikeluarkan pada 25 November 2015 memiliki ukuran 16.00MB (16,775,108 bytes).
  • Telegram dapat diakses dari berbagai perangkat secara bersamaan, di antaranya smartphone, tablet, komputer, laptop, dan sebagainya secara bersamaan.
  • Telegram mengizinkan kita berbagi foto, video, dan file berupa doc, zip, serta mp3 dengan ukuran maksimum 1,5 GB per file.
  • Grup pada Telegram memiliki kapasitas 200 orang dan dapat di upgrade menjadi Supergroups dengan kapasitas sampai 5.000 orang.
  • Telegram membuat grup lebih hidup dengan fitur Replies, Mention, Hashtag, dan Forwards.
  • Penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan channel yang dapat menampung anggota dalam jumlah tak terbatas.
  • Fitur stiker pada Telegram gratis dan cepat karena menggunakan format WebP untuk stiker. Sehingga stiker ditampilkan 5x lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi lainnya.
  • Pengguna dapat dengan mudah untuk membuat stiker sendiri.
  • Fitur Bot pada Telegram dapat melakukan kegiatan mengajar, bermain gim, melakukan pencarian, melakukan penyiaran, mengingatkan, menghubungkan, mengintegrasikan dengan layanan lain.
  • Telegram lebih aman untuk pengguna karena mempunyai fitur “Secret Chat” yang isi chat pada fitur ini hanya diketahui oleh penerima dan pengirim. Bahkan pihak Telegram pun tidak bisa mengetahui isi chat tersebut.
Membuat dan Mengelola Group Telegram
    Grup dalam Telegram mampu menampung lima ribu anggota. Keunggulan lain yang ada adalah kemampuan admin grup dalam menentukan jenis grup, publik atau private. Untuk membuat grup Telegram, saya hanya perlu mengikuti lima langkah, antara lain:
  1. Saya buka aplikasi Telegram di laptop (di HP juga bisa tapi saya kebetulan sedang di depan laptop)
  2. Kemudian, saya tekan ikon berbentuk pensil pada pojok kanan bawah
  3. Saya pilih "New Group"
  4. Saya tentukan anggota grup lewat kontak Telegram saya
  5. Selanjutnya, saya atur nama grup yaitu "Belajar Bersama Pak Bas", foto grup, jenis grupnya, dan memilih anggota sebagai admin.
    Sampai langkah ini kemudian saya tambahkan bot di grup. Mungbot selalu menyertai saya baik dalam menyambut member grup yang baru atau pun mengucapkan selamat tinggal kepada member yang meninggalkan grup. Berikut penampakan dari grup telegram yang sudah saya buat.






Melakukan Panggilan Video dan Berbagi Layar
    Tak sulit untuk memulai panggilan video melalui Telegram. Berikut langkah yang sudah saya terapkan.
Langkah 1: Buka aplikasi Telegram, lalu saya buka grup yang akan saya ajak untuk video call
Langkah 2: Di bagian atas di samping nama grup, saya ketuk ikon video chat, dan ada pilihan untuk video chat sebagai personal atau sebagai admin grup seperti pada gambar berikut.


Langkah 3: Jendela video chat mulai muncul dan saya memilih dengan siapa saya akan melakukan video chat.


    Terima kasih kepada rekan guru saya Bu Cili Handayani yang telah bersedia menerima undangan video chat saya. Sedianya ada dua lagi rekan Guru SMA 1 Kandangan Kediri dan Saudari saya di SMK Negeri 2 Madiun, tetapi berhubung mereka sedang sibuk maka tidak bisa menerima panggilan video saya. Berikut tampilan panggilan video di telegram hingga sharescreen atau berbagi layar. 





Dan berikut tampilan sharescreen di telegram lawan bicara saya





Sepanjang chat mungbot juga selalu ikutan nimbrung. Lucu juga, jadi rame


0 comments:

Posting Komentar