Senin, 26 Desember 2022

BAGAIMANA JIKA LUPA PASSWORD DI EXCEL?

    Semalam saya membuat aplikasi rapor di excel. Demi menghindari kesalahan teknis yang tidak disengaja maka bagian yang tidak boleh diubah saya lindungi dengan cara di-protect. Mengingat banyaknya tab sheet saya percaya diri saja mengetikkan password demi password sebab password yang saya gunakan hanya satu macam. Tapi aneh. ternyata ada satu sheet yang password-nya salah. Rupanya ada satu password yang tidak seragam dengan password-password lainnya. Wah, saya ulang kembali dengan capslock aktif tetap saja ada notifikasi password salah. Lantas bagaimana ini caranya melihat password yang telah saya gunakan? Berikut langkah yang saya ambil.

1.  Rename File
    File yang bermasalah dengan passwordnya diubah ekstensi atau jenis filenya dari excel menjadi rar dengan cara di-rename. Misalnya dari Rapor.xlsx menjadi Rapor.rar. Jika ada notifikasi muncul langsung saja klik yes. Bagaimana jika tidak terlihat jenis ekstensinya? Di File Explorer klik tab view, lalu aktifkan File name extension



2.  Extract
    Sekarang file sudah bertipe rar. Klik kanan file untuk di-ekstract di folder, perhatikan gambar berikut.




3.  Edit HTML

    Buka folder baru dan cari folder xl, klik worksheets. Nah, di dalam folder worksheet inilah kita edit file systemnya. Pilih sheet yang bermasalah, punya saya yang terlupa password-nya sheet12, maka sheet12 saya buka dengan notepad dan cari kata "SheetProtection" dengan bantuan ctrl+F, enter. Jika sudah ketemu maka hapus script code Sheet Protection mulai dari tanda < hingga tanda >. Pastikan tidak ada salah hapus. Kemudian, save.


4.  Copy dan Paste

    Nah, langkahnya tinggal sedikit lagi. File yang sudah dihapus protect-nya tadi dimasukkan ke file .rar (langkah nomor 1). Jika ada peringatan untuk menimpa atau replace, timpa saja dengan klik OK.


5.  Rename File

    Langkah terakhir, ubah tipe .rar file menjadi ke tipe semula yaitu tipe excel. Klik kanan file, rename, menjadi Rapor.xlsx. Sekarang saya bisa mengedit file rapor lagi dan tidak lagi minta password.

Tulisan saya ini saya buat dengan tujuan membantu pembaca jika mengalami kejadian yang serupa seperti yang saya alami di atas, bukan untuk disalahgunakan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar