Kamis, 19 Januari 2023

Remote Komputer Jarak Jauh dengan AnyDesk

    Bagi Anda yang terbiasa berkecimpung di dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah remote komputer, yakni mengontrol atau mengendalikan komputer jarak jauh baik itu server maupun komputer desktop tanpa harus berhadapan secara langsung. Apa itu Remote Desktop?

Anydesk

    Remote Desktop adalah sebuah fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows yang memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan komputer lain jarak jauh melalui jaringan komputer. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu bersentuhan secara langsung dengan komputer bersangkutan yang mungkin jaraknya sangat jauh. Nah, kali ini saya menggunakan AnyDesk sesuai pelatihan TOT Sagusablogke-3 untuk mencoba meremote atau mengendalikan PC lain dari jarak jauh.

Sebelumnya terima kasih kepada Ibu Titik Sunarti, isteri saya yang mengizinkan laptopnya untuk saya "masuki" dari jarak jauh, posisi laptop isteri masih di kantornya yang berjarak kurang lebih 6 km dari laptop saya. Langkah pertama saya install AnyDesk, dan saya mengirim link download kepada isteri saya untuk diinstal di laptopnya. Setelah selesai kami sama-sama membuka aplikasi tersebut. Berikut penampilan screenshot-nya.

Anydesk
Ini adalah tampilan di desktop saya.



Anydesk
Kemudian saya menyambungkan laptop isteri dengan meminta address atau alamatnya. Saya ketikkan 482 534 *** dan muncul permintaan izin di laptop seberang sana untuk diterima remote control-nya. Status connected  pun muncul lengkap dengan durasi atau timernya.

Anydesk

Saya coba bereksperimen dengan membuka Chrome yang ada di desktop

Anydesk

Saya coba membuka youtube di sana dan work!!

anydesk


Ternyata AnyDesk juga menyediakan jendela khusus obrolan atau chat.

    Ini pengalaman yang luar biasa dan bermanfaat untuk menolong rekan yang kesulitan dengan laptopnya. Ternyata benar, teknologi menjawab tantangan zaman. Salam ***








0 comments:

Posting Komentar