Minggu, 08 Januari 2023

MATERI: MENULIS CERITA PENDEK

   Cerita Pendek atau biasa disingkat jadi cerpen sering kita baca di majalah atau media cetak.  Tahukah kamu apa sebenarnya dan bagaimana ciri-ciri cerita pendek itu? Banyak yang masih belum memahaminya. Kita juga harus mengetahui apa itu cerpen supaya kita bisa memahami dan menerapkan penulisan cerpen dalam kehidupan kita sehari-hari.

  Menurut Suroto (1989:18), cerpen ialah suatu karangan prosa yang berisi cerita sebuah peristiwa kehidupan manusia pelaku/tokoh dalam cerita tersebut. Dalam karangan tersebut dapat pula peristiwa lain tetapi peristiwa tersebut tidak dikembangkan sehingga kehadirannya hanya sekedar sebagai pendukung peristiwa pokok agar cerita tampak wajar. Ini berarti cerita hanya dikonsentrasikan pada satu peristiwa yang menjadi pokok cerita.

   Tidak jauh berbeda dengan pengertian tersebut, berikut ada pengertian lain menurut ahli mengenai pengertian cerpen. Cerita pendek apabila diuraikan menurut kata yang membentuknya berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut, cerita artinya tuturan yang membentang bagaimana terjadinya suatu hal, sedangkan pendek berarti kisah pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam situasi atau suatu ketika.

    Jadi, dari beberapa pendapat ahli di atas penulis dapat menyimpulkan pengertian dari cerpen. Para ahli telah mengemukakan pendapatnya masing-masing mengenai pengertian cerpen. Dengan hal itu pula, maka didapatkan kesimpulan tersendiri dari pengertian cerpen tersebut, yaitu cerpen merupakan suatu karangan pendek, yang pada dasarnya hanya memiliki satu peristiwa, pertikaian serta penyelesaiannya. Dalam cerpen juga hanya menceritakan satu orang tokoh saja, yaitu yang dinamakan dengan tokoh utama.
Bacalah cerpen berikut untuk lebih memahami ciri-ciri cerita pendek.
    

        Sinar matahari sudah berasa di kulit lengan Andre, pertanda  bahwa pagi sudah beranjak siang. Sudah tidak pantas untuk masuk gerbang sekolah. "Kamu baru datang? Ambil buku pelanggaranmu!" Bayangan Pak Hans muncul  begitu saja menyambutnya jika ia ketahuan terlambat. Dan bisa ditebak ia akan digiring ke ruang guru, mengisi buku pelanggaran sambil mendengar bapak ibu guru mencemoohnya. 
"Andre lagi Andre lagi. Sudah biasa dia, Pak..."
"Andre, apa kamu semalam begadang?"
"Besok diulangi lagi ya, tidak usah sekolah sekalian..."
Tiba-tiba Andre memutar badan. Tiba-tiba tekadnya membulat seiring hembusan nafas panjangnya. Ya, Andre mendapat kekuatan untuk membolos! Olala....
























0 comments:

Posting Komentar